M

google mempunyai peraturan bahwa google account hanya boleh dimiliki oleh orang dewasa, hal ini dengan ditandai dengan memasukkan tanggal lahir. umumnya dianggap dewasa adalah jika sudah lewat dari umur 18 13 tahun.

tahun lalu, karena untuk kepentingan komunikasi dengan teman-teman sekelasnya, denny perlu gabung dengan whatsapp group. dan dengan gabung ke grup whatsapp kelasnya, dia harus punya henpon.
yang available waktu itu adalah mobile phone android bekas bunda, sehingga itulah yang dipakai.

langkah awal penggunaan handphone android, adalah mendaftarkan akun google.
karena henpon ini akan dipakai denny, maka dibuatkanlah account google khusus untuk denny.

dan dikarenakan peraturan google bahwa akun hanya bisa dibuat oleh orang dewasa, tahun tanggal lahir denny diubah sehingga berumur lebih dari 18 tahun.

dalam perjalanannya, ternyata lumayan berat agar denny bisa bagi waktu antara buka-buka henpon, dan buka-buka buku pelajaran.
akhirnya penggunaan handphone disetop.

sampai akhirnya masuk MTS,
di sekolah ada larangan membawa mobile phone, sehingga sampai beberapa waktu lalu, tidak ada masalah kalau denny tetap tidak ber-henpon.

tapi kemudian, ada guru yang mewajibkan murid-murid untuk men-submit tugas sekolahnya via google classroom. maka, denny tinggal pakai saja akun yang tahun lalu sudah dibuat.

tapi, ternyata ketika denny melihat tanggal lahirnya salah, lalu dia betulkan,
sesaat setelah tanggal lahirnya diupdate, akun googlenya langsung didisable oleh google. tidak bisa diakses.
pilihan yang disediakan ada dua, di'betulkan' tanggal lahirnya, atau membiarkan akun tersebut dihapus oleh google dalam beberapa hari kedepan dengan sebelumnya disediakan link untuk mendownload kontennya.
ketika coba opsi 'membetulkan' tanggal lahir. ternyata google meminta scan/foto KTP. jadi ga mungkin juga.

setelah googling sana sini, sama sekali tidak ada yang bisa dilakukan untuk meminta akun tersebut dibuka kembali. yang tersisa ya terpaksa merelakan akun tersebut untuk dihapus.

akhirnya mendownload konten yang disediakan oleh google. ternyata isinya adalah email gmail, foto yang tersimpan di google photos dan contacts.

menilik bahwa google menyediakan layanan google classroom untuk siswa -- yang notabene adalah anak-anak, belum 18 13 tahun -- sungguh menjadi ironi.

nah ternyata untuk 'menjembatani' ironi tersebut, google menyediakan aplikasi Family Link untuk meyambungkan akun orang tua dengan akun anak.
akun anak harus dibuat di henpon yang fresh atau dibuat melalui aplikasi family link tersebut.

family link app

pada aplikasi family link bisa ditambahkan anggota keluarga lain. lalu, di dalamnya orang tua bisa adjust aplikasi mana saja yg boleh dipakai/terinstall di mobile phone anak. dan juga pada aplikasi family link ini, bisa diset untuk mendeteksi lokasi (henpon si) anak, dan juga screen time, yaitu waktu yg diperbolehkan selama apa anak buka-buka henponnya.

family link app

anak, sebenarnya bisa mengajukan banding, bahwa mereka tidak berkenan untuk henponny dipasangi aplikasi ini. cuma belum tau konsekuensinya apa. apakah malah jadi tidak bisa menggunakan henpon, atau bagaimana.

This article is my 43rd oldest. It is 446 words long, and it’s got 0 comments for now.

Comments

Leave a Comment