M

the birds and the bees itulah istilah orang sono ketika berbicara ke anak anak/todler mengeenai hal seksual. entah kalo di indonesia apa persamaannya.

tapi hal ini merupakan hal yang bingungin buat beberapa orang tua, untuk menjelaskan hal seksual ke anak-anak, karena takut akan meleber ke mana-mana, karena anak suka sekali bertanya sambung menyambung.

tapi hal ini tidak terelakan, sehingga ya harus siap.

banyak informasi yang beredar untuk bagaimana memulai membicarakan masalah sex dengan anak-anak. untungnya kita ada perantara, yaitu hewan peliharaan, hamster.

tadinya ga tahu kalau hamster yang dipiara ini jantan atau betina, ternyata sepasang.

pada suatu waktu, anak-anak melihat hamster ini berantem tindih-tindihan, dan mengadu ke kita. setelah dicheck, astaga ternyata hamster itu lagi mating, kawin.

kita langsung defensif, tapi masih belum berani menjelaskan itu apa, kenapa.

setelah situasi agak tenang, dan googling-googling lagi soal sex-ed ini, ada sebuah postingan yang mirip yang akhirnya dijadikan acuan.

jadi kita sampaikan kalau hamster tersebut tidak berantem, dimulai dari mahkluh hidup, tumbuhan maupun hewan yang secara insting, alami akan berkembang biak. tumbuhan menyebarkan biji, hewan ada yang beranak dan bertelur.

nah hamster ini sudah sampai waktunya munculnya insting untuk berkembang biak, dan cara mereka berkembang biak ya dengan cara tersebut, yang jantan akan mengejar-ngejar wanita.

nah, pertanyaan tampaknya tidak ada lagi. kecuali, itu yang putih (yang betina) sakit ga? ya karena ga tau, ya bilang "ga tahu"

This article is my 21st oldest. It is 225 words long